Friday 31 January 2014

Mindset Uang ala Milyader

MINDSET UANG ALA MILYADER
@efendi_huang

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang gagal dalam mencapai tujuannya. Diantaranya karena kurangnya pengalaman, kurangnya keahlian, kurangnya modal, atau memiliki mindset yg salah tentang uang. Namun banyak juga yang sudah memiliki pengalaman, keahlian bahkan modal yang berlebih juga masih gagal. Penyebanya tidak lain karena masih memiliki mindset yang salah tentang uang itu sendiri.


Berbicara mengenai uang, tentu ada mindset orang kebanyakan (mitos) dan mindset para milyader(fakta) tentang uang. Berikut ini, beberapa mitos dan fakta tentang uang yang saya ambil dari buku "The Secrets of Self-Made Millionaires" by Adam Khoo :

  •  MITOS : memiliki banyak uang yang akan mengubah anda (menjadi orang yang jahat)
  •  FAKTA : uang kaca pembesar bagi kepribadian. Ia akan memunculkan kepribadian anda yg sesungguhnya. jika anda memang orang yg tamak dan licik, memiliki uang akan membuat anda menjadi lebih tamak dan licik. Akan tetapi, apabila anda adalah orang yang baik hati, pemurah dan penuh rasa cinta, uang akan memperkuat kebaikan anda.

  • MITOS : Uang tak akan mampu membeli kebahagiaan
  • FAKTA : Benar. Akan tetapi, tak memiliki uang tak akan membuat anda lebih bahagia juga. Bukankah lebih baik kita tidak bahagia tetapi memilik banyak uang daripada tidak bahagia dan tidak memiliki uang?

  • MITOS : Uang bukanlah segalanya
  • FAKTA : Ini adalah alasan yang paling sering digunakan orang sebagai penyangkalan. Fakta yang benar ialah segalanya adalah uang. Tanpa uang, anda tak akan dapat memaksimalkan nilai-nilai penting lain seperti keluarga, karier, kesehatan, spiritualitas, dan hubungan.

  • MITOS : Uang akan menjauhkan anda dari agama
  • FAKTA : Sekali lagi, jika anda adalah orang yang religius, memiliki uang akan membantu anda menolong banyak kehidupan dan melakukan banyak perintah TUHAN. Pada kenyataannya, orang terkaya di dunia sangatlah religius.Tidak khawatir akan uang membuat banyak orang kaya mampu memusatkan perhatiannya pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup mereka. Banyak orang-orang kaya yang percaya bahwa mereka tidak memiliki hartanya. Kekayaan hanya titipan TUHAN.

  • MITOS : Orang-orang kaya itu sangat materialistis. Mereka menyembah uang
  • FAKTA : Justru orang-orang yang menyembah uang adalah mereka yang berkekurangan. Siapa yang mengerjakan pekerjaan yang mereka benci sepanjang hari, tahun demi tahun demi uang? Siapa yang selalu berandai-andai untuk memiliki lebih banyak uang? Siapa yang selalu mengorbankan kesehatan dan keluarganya demi uang? Apakah mereka yang kaya atau mereka yang berkekurangan? Saya sudahi pertanyaan ini. Pada kenyataannya, orang-orang kaya jarang sekali bekerja karena uang. Mereka bekerja karena semangat dan misi pribadinya. Bill Gates, Warren Buffet, George Lucas, Michael Jordan, dan Steve Jobs pasti tidak bekerja demi uang..mereka tak perlu lagi melakukannya.

  • MITOS : Jika saya menjadi kaya, saya akan kehilangan teman-teman saya
  • FAKTA : Apabila sebagian teman-teman anda menjauh, ini berarti mereka bukanlah teman sejati. Ketika menjadi lebih makmur, anda akan mendapatkan teman-teman baru dengan pola pikir yang kaya.

  • MITOS : Untuk mendapatkan lebih banyak uang, saya akan menyangkal hak-hak orang lain. Tak ada cukup uang untuk membuat semua orang menjadi kaya
  • FAKTA : Ketika menjadi kaya, sebenarnya anda telah menciptakan lebih banyak kesejahteraan bagi orang lain. Kekayaan akan berlipat ganda menjadi lebih banyak lagi. Anda lihat, uang adalah sebuah ukuran dari nilai tukar. Ketika menghasilkan lebih banyak uang, ini berarti bahwa anda menciptakan lebih banyak nilai dan kesejahteraan di dunia. Bill Gates adalah orang terkaya di dunia karena ia telah menciptakan nilai yang amat besar bagi kehidupan melalui perangkat lunak Microsoft dan Windows. Begitu banyak miliuner terlahir dengan bantuan penemuannya. Pikirkanlah baik-baik, jika tak ada Microsoft Windows, Word, dan Excel, apakah anda mampu mendapatkan kekayaan seperti yang dimiliki hari ini?

  • MITOS : Memiliki banyak uang hanya akan menghadirkan banyak kekhawatiran dan permasalahan bagi saya
  • FAKTA : Sebagian besar masalah yang kita hadapi dalam hidup (hubungan, kesehatan, dan karier) muncul karena KURANG uang

  • MITOS : Uang adalah "akar dari segala kejahatan"
  • FAKTA : Kekurangan uang adalah akar dari segala kejahatan. Penyebab nomor satu pembunuhan, penipuan, pencurian, dan kebohongan adalah kemiskinan (kekuarangan uang)


Demikian sharing tentang Mindset ala Milyader... Semoga Bermanfaat...




No comments: