Sunday 19 April 2015

Bab IX Selling Technique for Handling Influencing Customer

Bab IX
Selling Technique for Handling Influencing Customer




Sebulumnya pada Bab VIII Selling Technique for Handling Dominance Customer, kita telah belajar bagaimana menghadapi customer tipe Dominance dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Pada Bab IX Selling Technique for Handling Influencing Customer, kita akan belajar bagaimana menghadapi customer tipe Influencing dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Baik Bab VIII maupun Bab IX, semuanya adalah inti materi dari buku DISC Profilling for Selling "Cara Jitu Memahami Perilaku Konsumen Saat Ini". Bisa jadi ini yang sudah ditunggu-tunggu pembaca buku ini. Namun sabar ya, sebelum menuju ke materi inti tentang teknik menjual ke customer tipe Influencing, sebaiknya kita merilis kembali poin-poin utama customer tipe Influencing.



Cara terbaik dalam Selling Technique adalah dengan memahami perilaku konsumen. Semakin seorang sales memahami perilaku konsumen, maka semakin mudah ia menjualnya.


Berikut ini adalah perilaku-perilaku konsumen tipe Influencing secara umum antara lain :

  • Suka sosialisasi dengan orang lain.
  • Membutuhkan lingkungan yang menyenangkan.
  • Menghendaki popularitas dan pengakuan sosial.
  • Tidak suka kendali dan detil.
  • Menghendaki kebebasan dalam berekspresi.
  • Suka berbicara.
  • Sensitif terhadap perasaan.

Ketika seorang sales menghadapi konsumen tipe Influencing, apa yang sebaiknya dilakukan ? Tidak lain adalah melakukan apa yang sesuai dengan perilaku konsumen tipe Influencing. Berbekal ilmu DISC Profilling for Selling, seorang sales akan mampu memahami perilaku konsumen dan mampu menjual lebih banyak.


Berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling, hal-hal yang dapat dilakukan seorang sales untuk meningkatkan penjualan antara lain :
  1. Ketika menjual kepada konsumen tipe Influencing, usahakan mengundang banyak orang dalam suatu forum sehingga customer tipe Influencing memiliki banyak kesempatan untuk bersosialisasi dengan customer lainnya .
  2. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan dan tidak monoton seperti suatu tempat yang sedang mengadakan pesta.
  3. Dalam menghadapi konsumen tipe Influencing, buatlah dia merasa dirinya popular dan diakui secara sosial.
  4. Jangan melakukan hard selling yang langsung menjual tanpa basa-basi karena tipe Influencing tidak suka yang to the point.
  5. Berikan kesempatan tipe Influencing berbicara lebih banyak untuk mengekspresikan apa kebutuhannya.
  6. Jagalah sikap dan cara bicara kita sehingga tidak menyinggung perasaannya. Sebaiknya biarkan dia yang berbicara lebih banyak dan kita yang mendengar lebih banyak.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan seorang sales ketika menghadapi konsumen tipe influencing. Semoga dengan ilmu DISC Profilling for Selling, omzet penjualan anda semakin meningkat. Semoga kemampuan memahami perilaku konsumen anda semakin hari semakin meningkat.

No comments: