Sunday 19 April 2015

Bab XI Selling Technique for Handling Compliance Customer


Bab XI
Selling Technique for Handling Compliance Customer



Sebulumnya pada Bab VIII Selling Technique for Handling Dominance Customer, Bab IX Selling Technique for Handling Influencing Customer dan Bab X Selling Technique for Handling Compliance Customer, kita telah belajar bagaimana menghadapi customer tipe Dominance, tipe Influencing dan tipe Steadiness dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Pada Bab XI Selling Technique for Handling Compliance Customer, kita akan belajar bagaimana menghadapi customer tipe Compliance dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Baik Bab VIII , Bab IX, Bab X dan Bab XI, semuanya adalah inti materi dari buku DISC Profilling for Selling "Cara Jitu Memahami Perilaku Konsumen Saat Ini". Bisa jadi ini yang sudah ditunggu-tunggu pembaca buku ini. Namun sabar ya, sebelum menuju ke materi inti tentang teknik menjual ke customer tipe Compliance, sebaiknya kita merilis kembali poin-poin utama customer tipe Compliance.

Cara terbaik dalam Selling Technique adalah dengan memahami perilaku konsumen. Semakin seorang sales memahami perilaku konsumen, maka semakin mudah ia menjualnya.


Berikut ini adalah perilaku-perilaku konsumen tipe Compliance secara umum antara lain :

  • Tipikal orang perfeksionis.
  • Membutuhkan lingkungan yang formal dan tertutup.
  • Bersifat hati-hati dalam analisa.
  • Membutuhkan informasi yang banyak.
  • Analitis.
  • Suka ketepatan.

Ketika seorang sales menghadapi konsumen tipe Compliance, apa yang sebaiknya dilakukan ? Tidak lain adalah melakukan apa yang sesuai dengan perilaku konsumen tipe Compliance. Berbekal ilmu DISC Profilling for Selling, seorang sales akan mampu memahami perilaku konsumen dan mampu menjual lebih banyak.


Berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling, hal-hal yang dapat dilakukan seorang sales untuk meningkatkan penjualan antara lain :
  1. Jangan ada kesalahan ketika menjelaskan manfaat dan fitur produk kepada tipe Compliance karena dia adalah tipikal orang perfeksionis.
  2. Ciptakan lingkungan yang formal dan tertutup dengan cara mengundang mereka ke kantor.
  3. Tekankan kata GARANSI kepada tipe Compliance sehingga tidak ada resiko yang harus dihadapi dia karena tipe Compliance sangat hati-hati dalam menganalisa. Dengan adanya GARANSI akan mempercepat terjadinya penjualan.
  4. Berikanlah informasi yang lengkap dan banyak kepada tipe Compliance.
  5. Berikan kesempatan tipe Compliance untuk menganalisa produk yang kita tawarkan.
  6. Jelaskan manfaat dan fitur produk secara tepat yang artinya bila ada angka/persentase yang terkandung dalam produk, sertakan juga.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan seorang sales ketika menghadapi konsumen tipe Compliance. Semoga dengan ilmu DISC Profilling for Selling, omzet penjualan anda semakin meningkat. Semoga kemampuan memahami perilaku konsumen anda semakin hari semakin meningkat.

No comments: