Sunday 19 April 2015

Bab X Selling Technique for Handling Steadiness Customer

Bab X
Selling Technique for Handling Steadiness Cusotmer




Sebulumnya pada Bab VIII Selling Technique for Handling Dominance Customer dan Bab IX Selling Technique for Handling Influencing Customer, kita telah belajar bagaimana menghadapi customer tipe Dominance dan tipe Influencing dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Pada Bab X Selling Technique for Handling Steadiness Customer, kita akan belajar bagaimana menghadapi customer tipe Steadiness dengan cara memahami perilakunya berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling. Baik Bab VIII , Bab IX dan Bab X, semuanya adalah inti materi dari buku DISC Profilling for Selling "Cara Jitu Memahami Perilaku Konsumen Saat Ini". Bisa jadi ini yang sudah ditunggu-tunggu pembaca buku ini. Namun sabar ya, sebelum menuju ke materi inti tentang teknik menjual ke customer tipe Steadiness, sebaiknya kita merilis kembali poin-poin utama customer tipe Steadiness.

Cara terbaik dalam Selling Technique adalah dengan memahami perilaku konsumen. Semakin seorang sales memahami perilaku konsumen, maka semakin mudah ia menjualnya.


Berikut ini adalah perilaku-perilaku konsumen tipe Steadiness secara umum antara lain :

  • Tipikal orang sabar.
  • Membutuhkan lingkungan yang stabil dan harmonis.
  • Menghendaki yang sifatnya rutinitas.
  • Beorientasi pada Standard Operating Procedures (SOP).
  • Gaya bicaranya pelan dan perlahan.
  • Lebih suka menjadi pendengar yang baik.
  • Suka membantu orang.

Ketika seorang sales menghadapi konsumen tipe Steadiness, apa yang sebaiknya dilakukan ? Tidak lain adalah melakukan apa yang sesuai dengan perilaku konsumen tipe Steadiness. Berbekal ilmu DISC Profilling for Selling, seorang sales akan mampu memahami perilaku konsumen dan mampu menjual lebih banyak.


Berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling, hal-hal yang dapat dilakukan seorang sales untuk meningkatkan penjualan antara lain :
  1. Boleh menjelaskan suatu produk secara lengkap dan panjang lebar karena tipe Steadiess termasuk tipikal orang sabar.
  2. Ciptakan lingkungan yang stabil dan harmonis, jangan banyak membuat perubahan.
  3. Kaitkan manfaaat produk yang dapat mendukung rutinitas kegiatan customer tipe Steadiness.
  4. Jelaskan secara urut sesuai Standard Operating Procedures (SOP) tentang fitur dan manfaat produk yang ditawarkan.
  5. Jelaskan produk secara pelan dan perlahan, sesuaikan dengan gaya bicara dia yang tenang dan kalem.
  6. Libatkan sifat dia yang suka membantu orang dengan cara memberitahukan bahwa setiap produk yang dia beli, artinya dia telah membantu anak-anak yang tidak mampu sejumlah nilai tertentu karena sebagian hasil dari penjualan produk disumbangkan untuk panti asuhan anak.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan seorang sales ketika menghadapi konsumen tipe Steadiness. Semoga dengan ilmu DISC Profilling for Selling, omzet penjualan anda semakin meningkat. Semoga kemampuan memahami perilaku konsumen anda semakin hari semakin meningkat.

No comments: