Sunday 19 April 2015

Bab VIII Selling Technique for Handling Dominance Customer

Bab VIII
Selling Technique for Handling Dominance Customer


Mungkin Bab ini dan 3 Bab selanjutnya adalah inti materi dari buku DISC Profilling for Selling "Cara Jitu Memahami Perilaku Konsumen Saat Ini". Bisa jadi ini yang sudah ditunggu-tunggu pembaca buku ini. Namun sabar ya, sebelum menuju ke materi inti tentang teknik menjual ke customer tipe Dominance, sebaiknya kita merilis kembali poin-poin utama customer tipe Dominance.



Cara terbaik dalam Selling Technique adalah dengan memahami perilaku konsumen. Semakin seorang sales memahami perilaku konsumen, maka semakin mudah ia menjualnya.


Berikut ini adalah perilaku-perilaku konsumen tipe Dominance secara umum antara lain :

  • Orientasi pada hasil.
  • Suka bukti dan fakta.
  • Menghendaki kekuasaan dan wewenang.
  • Suka tantangan.
  • Jawaban langsung atas permasalahan.
  • Suka yang cepat dan to the point.
  • Tidak suka basa-basi.

Ketika seorang sales menghadapi konsumen tipe Dominance, apa yang sebaiknya dilakukan ? Tidak lain adalah melakukan apa yang sesuai dengan perilaku konsumen tipe Dominance. Berbekal ilmu DISC Profilling for Selling, seorang sales akan mampu memahami perilaku konsumen dan mampu menjual lebih banyak.

Berdasarkan ilmu DISC Profilling for Selling, hal-hal yang dapat dilakukan seorang sales untuk meningkatkan penjualan antara lain :
  1. Jelaskan secara langsung hasil/manfaat apa yang akan diperoleh konsumen tipe Dominance.
  2. Berikan bukti dan fakta tentang produk dengan menunjukkan testimoni-testimoni orang yang sudah menggunakan produk kita.
  3. Dalam menghadapi konsumen tipe Dominance, buatlah dia merasa dirinya berkuasa dan mempunyai wewenang penuh. Berikan perhatian penuh saat dia berbicara.
  4. Jelaskan juga bahwa produk yang kita tawarkan penuh dengan tantangan dimana konsumen bisa semakin mengeksplorasi kesukaannya akan sebuah tantangan.
  5. Jelaskan solusi langsung yang ditawarkan produk untuk setiap permasalahan dia.
  6. Jangan berbicara panjang lebar. Selalu bicara langsung poin utamanya saja.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan seorang sales ketika menghadapi konsumen tipe Dominance. Semoga dengan ilmu DISC Profilling for Selling, omzet penjualan anda semakin meningkat. Semoga kemampuan memahami perilaku konsumen anda semakin hari semakin meningkat.

No comments: