Friday 28 February 2014

Menjadi Seorang Sales yang Selalu Ditunggu Kedatangannya

Menjadi Seorang Sales yang Selalu Ditunggu Kedatangannya
@efendi_huang


Tentu semua sales sangat mengimpikan kehadiran dirinya ditunggu-tunggu oleh customernya. Para Sales selalu berusaha lebih baik dalam setiap kesempatan. Mulai dari menjaga penampilan yang elegan, tutur bahasa yang sopan, perilaku yang menyenangkan bahkan dalam kondisi seorang sales sedang tidak mood. Banyak juga sales yang membawa oleh-oleh berupa makanan untuk toko. Ada yang membeli mainan untuk anaknya customer. Dan masih banyak lagi usaha yang lainnya.


Namun sayang sekali, sering kali usaha para sales tidak membawa manfaat permanen. Seiring waktu, para sales tersebut kadang dilupakan atau customer kadang terlalu sibuk melayani pembeli sehingga lupa akan hal-hal yang dilakukan para sales tersebut. 



Tentu yang dilakukan para sales tersebut tidaklah salah, hanya saja mereka belum menemukan rahasianya saja. Lalu apa rahasianya seorang sales agar menjadi yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya?


Menurut pengalaman saya pribadi, salah satu rahasia yang menjadi kunci agar dikangeni customer adalah strategi menanam manfaat yaitu memberi manfaat sesuai kebutuhan customer. Artinya pada setiap kunjungan kita ke toko/customer, kita selalu  membawa manfaat yang dibutuhkan customer. Sebagai contoh, saat mau memasuki tahun ajaran baru, mungkin customer lagi bingung memilih mana sekolah yang terbaik buat anaknya. Kita sebagai sales yang mengerti kebutuhannya dan kecemasan orang tua, kita bisa memberikan gambaran mengenai sekolah yang terbaik (tentunya kita harus mempunyai kompetensi). Saat saya melakukan strategi ini, saya adalah seorang mahasiswa yang berprestasi dan dikenal baik oleh customer tersebut.


Demikianlah sharing saya tentang topik hari ini. Silahkan berbagi pengalaman anda ketika anda menjadi sales yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya.


"Sebatang lidi mudah dipatahkan, namun seikat lidi tak mudah dipatahkan" 

"Satu pengalaman mungkin kurang powerful, sekumpulan pengalaman tentu akan lebih powerful lagi"

Yuk mari berbagi pengalaman anda

Mau belajar bisnis secara praktis, klik disini




No comments: