Sunday 16 February 2014

Pacing-Leading~A Way of Closing Technique

Pacing-Leading~A Way of Closing Technique @efendi_huang


Salah satu tujuan yang paling diinginkan seorang penjual/sales dan pebisnis tercapai adalah terjadinya Closing penjualan. Proses terjadinya closing tentu tidak mudah. Kadang memerlukan waktu yang cukup lama.Kadang memerlukan usaha lebih ekstra lagi. Kadang memerlukan biaya tambahan seperti biaya jamuan calon pembeli dan lainnya. Kadang memerlukan perlakuan khusus kepada calon pembeli.


Tidak Mudah bisa berarti sulit bilamana tidak tahu cara efektif untuk melakukan closing. Namun juga bisa berarti 'relatif' mudah dilakukan bilamana tahu teknik closingnya. Mudah atau sulitnya closing sangat dipengaruhi oleh kepiawaian seorang sales dan bagian pendukung sales. Banyak sales yang sudah melakukan berbagai macam usaha supaya terjadi closing, namun sering kali mereka gagal. Lalu bagaimanakah teknik closing yang efektif?



Dalam NLP, ada satu teknik yang sangat membantu memudahkan terjadinya closing yaitu teknik pacing and leading. Pacing artinya menyamakan/mengiyakan dahulu apa yang dikatakan/dilakukan calon pembeli dan Leading artinya mengarahkan/membimbing calon pembeli ke arah yang sales inginkan. 


Jika anda bisa memasuki jagat orang lain/calon pembeli, dan bisa melakukan sesaat apa yang calon pembeli lakukan, kemudian dengan sengaja mengubah perilaku anda, maka sangat mungkin calon pembeli tersebut mengikuti perilaku anda. Misalnya, anda bisa menyamakan laju pernapasan anda dengan calon pembeli untuk beberapa saat (pacing), lalu kemudian anda mengubah kecepatan laju pernapasan anda (leading) untuk memenangkan calon pembeli atau meningkatkan perasaan senangnya. 


Rumus terpenting dalam Pacing dan Leading adalah jangan tergesa-gesa melakukan leading. Minimal polanya Pacing--->Pacing--->Pacing--->Leading. Semakin lama Pacing, semakin besar kemungkinan Leading berhasil (catatan harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi).


Contoh Pacing-Leading :

Calon Pembeli      : Sekarang banyak produk yang hanya bagus pada kemasan saja, namun tidak      memiliki manfaaat yang maksimal.
Sales                           :  Benar Bu, apa yang anda katakan itu memang sangat benar (Pacing).
Calon Pembeli             :  Makanya saya sangat selektif dalam membeli suatu produk sekarang.
Sales                           :  Benar Bu, apa yang sudah dilakukan ibu itu sudah benar adanya (Pacing).
Calon Pembeli            :  Demikian juga saat saya melihat produk anda, saya juga tidak yakin apakah ini yang cocok dan bermanfaat bagi saya
Sales                    :   Ya Bu, kebanyakan orang yang membeli produk kami, awalnya juga tidak yakin seperti ibu, namun setelah saya menunjukkan MANFAATnya, mereka kemudian membeli (Pacing)
Sales                          :  Bolehkan saya menjelaskan Manfaat produk pada ibu hanya 5menit saja? (Leading) 


Demikianlah sharing tentang Pacing-Leading. Bilamana bermanfaat, silahkan dishare ya


Untuk yang ingin mempelajari lebih lanjut lagi tentang teknik closing, silahkan buka http://yuk.bi/t7ec8 , ada 17 Teknik Closing yang sudah teruji dan terbukti berhasil.

No comments: