Tuesday 25 February 2014

Utilizing Risk for Selling

Utilizing Risk for Selling
@efendi_huang


Kadang seorang sales suka merasa frustasi karena sales tersebut yakin produk yang ditawarkan memiliki kualitas lebih bagus daripada produk yang digunakan calon konsumen saat ini, harganya sudah menarik, layanan sudah sangat baik dan luar biasa. Namun calon konsumen malah menolak produk anda. Calon konsumen menolak membeli dari anda. 


Tentu kejadian di atas pernah anda alami sebagai seorang sales, apalagi anda seorang sales produk yang baru bagi calon konsumen tersebut. Tentu calon konsumen bukanlah orang-orang yang sangat bodoh tidak mau membeli produk yang kualitasnya lebih baik, harganya yang murah dan dengan layanan sales yang sangat baik. Lalu kenapa calon konsumen tersebut menolak anda? Semua itu karena RESIKO.




Secara psikologis, manusia itu cenderung mencari nikmat dan menghindari sengsara(resiko).


Resiko adalah kombinasi biaya keuangan, sosial, emosional, dan waktu yang perusahaan serta pengambil keputusan individu tanggung sebagai akibat dari melakukan kesalahan. Sering kali resiko menjadi masalah nomor 1 dalam pikiran pembeli, terutama saat sebelumnya tidak pernah berhubungan dengan perusahaan anda.


Ada 3 strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko antara lain :


1. Bangun hubungan personal yang lebih akrab

  • Semakin baik hubungannya, semakin kecil resikonya
  • Sering kali pembeli mau membeli bahkan dengan harga yang lebih tinggi karena sudah dekat dengan salesnya.
  • Jangan berfokus mengurangi harga, namun fokuslah pada perbaikan hubungan

2. Buat kesepakatan penjualannya kasat mata/nyata

  • Lihatlah semua aspek penawaran anda dan tentukan bagaimana anda bisa menjadikan tiap kepingnya lebih kasat mata atau nyata.
  • Contohnya, tunjukan anda punya kantor yang jelas, mesin produksi yang jelas, ada sertifikat garansi dan lain sebagainya.


3. Gunakan Bukti

  • Bukti adalah surat rekomendasi dari pelanggan lain seperti foto konsumen yang menggunakan produk anda, testimoni dari pelanggan, studi kasus/hasil penelitian, ulasan pihak ketiga, dan lain sebagainya.

 

Demikian sharing mengenai Utilizing Risk for Selling. Bilamana bermanfaat, silahkan dishare.


Mau belajar bisnis lebih lanjut, langsung dari praktisi bisnis, silahkan buka http://yuk.bi/t7eca

No comments: