Monday 17 February 2014

Using NLP Presuppositions for Business

Using NLP Presuppositions for Business
@efendi_huang


Presupposisi adalah anggapan-anggapan dasar dalam NLP, sesuatu yang dianggap benar dan bermanfaat bila dijalankan dengan benar dalam pencapaian outcome atau tujuan bisnis.


Ada banyak presupposisi dalam NLP, kita akan membahas beberapa presupposisi yang dapat digunakan dalam bisnis antara lain :


1.Pengalaman itu mempunyai struktur
  • Pengalaman berhasil atau pun gagal sama-sama memiliki struktur/pola. Amati dan pelajari struktur/polanya, maka kegagalan yang pernah terjadi dalam bisnis cenderung tidak terulang. Dan tentunya kita mengulang pola kesuksesan untuk meraih kesuksesan berikutnya.
2.Kegagalan iti tidak ada, yang ada hanya umpan balik.
  • Apa pun kegagalan yang terjadi itu sebenarnya hanyalah umpan balik yang akan mendekatkan bisnis ke arah kesuksesan. Umpan balik berarti sesuatu dipelajari untuk menjadi lebih baik.

3. Jika yang anda lakukan tidak berhasil, lakukan yang lainnya saja.
  • Presupposisi ini mengajarkan fleksibilitas dalam bisnis, dimana bilamana strategi yang digunakan tidak berhasil dalam bisnis, maka gunakanlah alternatif strategi lainnya.

4. Kita mempunyai sumber-sumber dalam diri untuk meraih apa yang kita inginkan.
  • Presupposisi ini mengingatkan kita bahwa sudah tersedia sumber-sumber daya yang diperlukan untuk sukses dalam berbisnis atau sukses mencapai tujuan lainnya. Tugas kita adalah menggali dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada dalam diri kita.

5. Jika seseorang bisa melakukan sesuatu, siapa saja bisa belajar melakukannya.
  • Presupposisi ini erat kaitannya dengan modelling. Silahkan baca artikel "Modelling~Pathway Towards Excellency".



Demikianlah sharing tentang beberapa prosupposisi dalam NLP yang bermanfaat bilamana diterapkan dalam bisnis.


Semoga bermanfaat. Bila ingin belajar bisnis lebih lanjut dan komprehensif, langsung dari praktisi bisnis yang sudah berhasil dan teruji, silahkan buka http://yuk.bi/t7eca atau http://yuk.bi/t7ecc



















No comments: