Monday 24 February 2014

Reframing for Selling

Reframing for Selling
@efendi_huang


Bagaimana menerapkan teknik NLP khususnya Reframing dalam penjualan? Berikut ini adalah sebuah contoh yang mengilustrasikan cara penggunaan Reframing for Selling. Simak kisah berikut ini:



Alkisah, Richard Bandler, salah satu penggagas kaidah NLP, mengunjungi seorang rekan yang berprofesi sebagai agen real estate. Pada saat itu sang rekan sedang berbincang-bincang dengan seorang ibu yang menanyakan apakah sang agen mempunyai daftar rumah yang memiliki halaman luas. Rekan Bandler menjawab, "Kebetulan saya sedang tidak memiliki daftarnya, ibu. Tapi jika ibu bersedia, silahkan meninggalkan nomor telepon untuk saya kabari secepatnya."


Bandler merasa dirinya perlu berbuat sesuatu dan bertanya kepada rekannya apakah ia mempunyai daftar rumah yang berlokasi di dekat sebuah sekolah anak-anak, dan dijawab ada beberapa. Kemudian Bandler bertanya kepada ibu tersebut, "Atas pertimbangan apakah ibu ingin mencari rumah dengan halaman yang luas?"


Ibu tersebut menjawab, "Karena anak saya berjumlah sembilan orang."


Bandler kemudian berkata, "Dan dengan demikian ibu harus membayar pajak yang lebih besar karena mencari sebuah rumah yang luas seperti itu."


Ibu menjawab kembali, "Yah, mau bagaimana lagi?"


Bandler berkata kembali,"Mengapa ibu tidak membeli rumah yang berlokasi di dekat sekolah saja? Anak-anak ibu dapat bermain di sana, bahkan ibu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk merawat halaman dan membayar pajak lebih untuk itu."


Ibu itu pun menjawab, "Benar sekali! Tidak pernah saya pikirkan ide ini sebelumnya!"


Pembelian rumah terjadi sesudahnya, berkat kecerdikan Bandler dalam melakukan Reframing, yakni mengubah persepsi ibu tersebut tentang halaman rumah yang sebelumnya positif menjadi negatif. Kemudian mengubah suasana rumah dekat sekolah yang banyak dianggap orang sebagai sesuatu yang tidak nyaman (negatif) karena berisik menjadi suatu hal yang positif.


Cerita di atas saya ambil dari buku "Hypnosis for Selling" karya Willy Wong, sebuah buku yang sangat direkomendasikan buat kita semua.


Demikianlah sharing tentang Reframing for Selling. Silahkan bagi siapa saja yang ingin sharing mengenai Reframing for Selling atau lainnya, silahkan share di kolom Comment ya.


Semoga bermanfaat,,,,,,,


Bagi yang ingin belajar 17 teknik CLOSING, yuk buka http://yuk.bi/t7ec8

No comments: