Thursday 13 February 2014

Trust~The Intangible Asset of Business

Trust~The Intangible Asset of Business
@efendi_huang


Asset perusahaan yang sangat bernilai ini sering luput dari perhatian kebanyakan orang. Mungkin karena tidak mengerti. Mungkin juga tidak menyadari. Orang biasanya hanya melihat apa yang terlihat saja. Mereka cenderung fokus  membangun asset-asset berwujud seperti properti(gedung,kantor,gudang,toko), armada pengangkutan, Persediaan Barang dan aset berwujud lainnya. Sedangkan aset-aset yang tidak berwujud seperti hak patent, goodwill, Trust dan aset



"Trust is an intangle asset of business that has high impact on maximazing and supporting value of other tangible assets of business"
 ~Efendi Huang


Trust atau kepercayaan dari pihak lain adalah suatu aset bisnis yang tidak berwujud yang memiliki dampak yang tinggi dalam memaksimalkan dan mendukung nilai dari aset bisnis berwujud lainnya.


Bagaimana trust dapat memaksimalkan aset-aset bisnis lainnya (properti, armada pengangkutan, persediaan barang dagangan). Perhatikan ilustrasikan dibawah ini : 


Ketika trust tercipta akan menghemat waktu pengiriman barang yang berarti juga jumlah pengiriman meningkat. Bila jumlah pengiriman meningkat, potensi laba bisnis pun akan meningkat. Ketika laba bisnis naik, akan ada cash tambahan yang bisa digunakan untuk meningkatan aset berwujud seperti membeli properti, membeli armada pengangkutan, menambah persediaan barang. Siklus ini sangat mungkin terjadi berulang-ulang. Bayangkan berapa besar dampak peningkatan aset berwujud yang dihasilkan oleh trust yang dibangun dengan baik antara pengusaha dengan customernya dan antara pengusaha dengan pemasoknya.


Demikianlah sharing tentang TRUST, sangat berdampak bukan? Tunggu artikel selanjutnya tentang Building Trust, bagaimana cara membangun trust antara pengusaha dengan customer dan cara membangun trust antara pengusaha dengan pemasok.

semoga bermanfaat


























No comments: