Wednesday 12 February 2014

Sun Tzu~The Art of Winning Competition

Sun Tzu~The Art of Winning Competition
@efendi_huang


Begitu banyak bisnis yang sejenis. Ketika kita ingin berbisnis HP, tentu sudah banyak bisnis HP yang eksis terlebih dahulu. Ketika kita membuka toko pakaian, di daerah sekitarnya mungkin juga sudah ada  satu atau beberapa toko pakaian. Apa pun jenis bisnisnya hampir selalu ada bisnis yang sama. Dengan kata lain, kata persaingan tidak mungkin bisa dihindari.


Yang menjadi poin penting adalah bagaimana menyikapi suatu persaigan bisnis? Bagaimana menghadapi persaingan bisnis yang begitu ketat? Bagaimana memenangkan suatu bisnis dengan cara yang pasti menang?



Sun Tzu adalah seorang ahli strategi militer perang. Ia begitu populer dengan strategi militer perang. Karena begitu populernya Strategi Sun Tzu, banyak perusahaan yang menggunakan strategi Sun Tzu sebagai dasar/fondasi strategi bisnis. Bahkan Harvard University memasukan topik Strategi Sun Tzu dalam mata kuliah manajemen bisnis.


Salah satu strategi Sun Tzu yang banyak diterapkan pada bisnis adalah "Bilamana tahu kekuatan dan kelemahan diri, maka kemungki an 50% menang dan 50% kalah. Bilamana tahu kekuatan dan kelemahan diri sendiri serta kekuatan dan kelemahan musuh, maka kemungkinan 100% menang".


Jadi untuk memenangkan suatu persaingan bisnis, kuncinya kita harus terlebih dahulu memahami apa saja kekuatan kita yang kemudian diperjelas dan Apa saja kelemahan kita yang harus diminimalisasi, serta apa saja kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis.


Demikian sharing tentang seni memenangkan persaingan bisnis yang diadopsi dari strategi militer perang Sun Tzu.


Semoga bermanfaat.














No comments: