Thursday 12 March 2015

Apa Yang Anda Lihat ?

Apa Yang Anda Lihat ?
@efendi_huang



Apa yang anda lihat dari gambar di atas ? Ini adalah sebuah pertanyaan yang sangat sederhana dan pasti semua orang bisa menjawabnya. Hampir semua orang akan menjawab dengan jawaban yang sama.

Pada gambar di atas ada selembar kertas besar berwarna putih bersih dan hanya ada setitik noda hitam yang sangat kecil yang ada di tengah-tengah kertas. Hampir semua orang melihat hanya pada setitik noda hitam tersebut tanpa menyadari bahwa masih ada sebidang area yang lain yang jauh lebih besar dari setitik noda hitam itu. Hanya sebagian kecil orang bahkan hanya segelintir orang lah yang melihat sebidang kertas putih yang besar itu. Apa sih maksud dan hikmah dari cara pandang terhadap gambar di atas?


Dalam kehidupan nyata, sebagian besar orang memiliki cara pandang yang sama seperti cara memandang gambar di atas. Kebanyakan orang hanya melihat setitik noda hitam (secuil kejelekan/keburukan/kelemahan/kesalahan/sisi negatif) orang lain dan sering kali tidak menyadari bahwa masih ada dan jauh lebih besar/banyak kelebihan/kebaikan/kekuatan/sisi positif yang dimiliki orang lain layaknya selembar kertas putih yang sangat besar.

Ada pepatag yang mengatakan bahwa "Cara pandang seseorang menentukan kualitas hidup seseorang".

Hikmah dari pelajaran cara pandang terhadap gambar di atas adalah dengan mengubah cara pandang akan mengubah kualiatas hidup. Ketika kita memandang/melihat lebih banyak ke sisi positif/kelebihan, maka kesempatan belajar dari orang tersebut akan lebih besar. Kesempatan belajar besar berarti peluang sukses pun besar. Peluang sukses besar berarti pencapaian sukses jauh lebih cepat.

Kebayang kan efek dari cara pandang terhadap sesuatu? Sungguh luar biasa bukan? Dengan mengubah cara pandang kita yang negatif menjadi cara pandang positif, kualitas hidup kita akan menjadi semakin baik, baik, dan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menginspirasi kita dalam upaya meningkatkan kualitas hidup kita dengan cara mengubah cara pandang.


No comments: