Thursday 5 March 2015

Ingatlah Untuk Berhenti Sejenak

Ingatlah Untuk Berhenti Sejenak
@efendi_huang


Ingatlah untuk berhenti sejenak adalah sebuah nasehat yang sebaiknya diikuti oleh semua orang dalam melakukan sesuatu. Sering kali seseorang terlalu larut dalam melakukan sesuatu hingga lupa berhenti. Akibatnya menjadi terlalu lelah dan hasilnya tidak maksimal.

Ada sebuah cerita tentang dua tukang kapak. Mereka berdua sama-sama ditugaskan untuk menebang pohon dengan jenis pohon yang sama, ukuran pohon yang sama dan memakai kapak yang sama kualitas. Namun cara mereka menebang pohon berbeda. Tukang kapak yang pertama, terus menerus menggunakan kapaknya untuk menebang pohon tanpa henti dan istirahat. Sebaliknya tukang kapak yang kedua setiap 1 jam sekali dia istirahat dan mengasah kapaknya. Lalu apa yang terjadi ? Siapakah yang berhasil menebang pohon terlebih dahulu ?


Ternyata tukang kapak yang kedua berhasil menebang pohon jauh lebih cepat. Pelajaran apa yang bisa kita petik dari kisah 2 orang tukang kapak?

Dalam kehidupan nyata sering kali kita berperilaku seperti tukang kapak yang pertama dimana kita sering terlalu memaksakan diri, keras kepala. Kita sering kali lupa akan batasan kekuatan diri. Kita juga sering lupa mengasah kemampuan kita.

Belajar dari kisah 2 orang tukang kapak, marilah kita selalu "ingatlah untuk berhenti sejenak" untuk memulihoan kekuatan diri dan mengasah ketajaman pikiran diri melalui buku atau sumber pengetahuan lainnya.

No comments: