Wednesday 25 March 2015

Rahasia Penjualan Part 28 "Naikkan Harga, Jangan Menurunkan Kualitas"

Rahasia Penjualan Part 28 "Naikkan Harga, Jangan Menurunkan Kualitas"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 28 "Naikkan Harga, Jangan Menurunkan Kualitas" adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengatasi terjadi perubahan harga produksi. Ini adalah bagian sulit yang pasti dialami seorang sales dalam penjualan.



Ini adalah suatu dilema dimana terdapat pilihan yang sulit ketika harus memutuskan menaikkan harga atau menurunkan kualitas produk. Menaikkan harga terkadang mengurangi daya beli customer/calon customer. Ini berarti akan terjadi penurunan omzet penjualan. Di sisi lain, bila menurunkan kualitas produk, akan mengecewakan customer/calon customer. Customer/calon customer yang kecewa tentu tidak akan melakukan repeat order (pemesenan kembali). Ini berarti menurunnya omzet penjualan.


Menaikkan harga maupun menurunkan kualitas produk sama-sama beresiko mengakibatkan turunnya omzet penjualan. Menurunkan kualitas produk adalah suatu hal yang tidak bisa ditolerir oleh customer/calon customer. Customer/calon customer yang kecewa adalah kerugian terbesar bagi perusahaan. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa menurunkan kualitas produk adalah pilihan yang sangat tidak bijak dan sangat menurunkan perusahaan.


Lalu bagaimana dengan pilihan menaikkan harga? Tentu pilihan ini juga bukan pilihan yang mengembirakan. Namun apabila pilihan menaikkan harga dilakukan secara tepat, tidak akan membuat customer/calon customer kecewa. Bila dilakukan secara tepat, pilihan menaikkan harga juga tidak akan mempengaruhi daya beli untuk jangka waktu panjang. Mungkin hanya butuh waktu penyesuaian harga sekitar 1-2minggu saja.


Jadi menaikkan harga adalah pilihan yang paling bijak di kala terjadi penyesuaian harga produksi. Nah pertanyaannya adalah bagaimana menaikkan harga secara tepat supaya tidak menurunkan daya beli customer/calon customer untuk jangka waktu panjang ?


Ini adalah cara berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu menghadapi kondisi harus menaikkan harga. Pertama-tama, saya bicarakan secara jujur kepada customer/calon customer bahwa ada penyesuaian harga produksi yang artinya akan ada kemungkinan terjadinya kenaikan harga produk. Ceritakan kepada mereka bahwa sesungguhnya ini adalah pilihan yang sangat berat bagi perusahaan untuk menaikkan harga produk. Sebenarnya juga ada pilihan lain selain menaikkan harga barang yaitu menurunkan kualitas produk. Namun itu tidak sesuai prinsip perusahaan saya. Jadi perusahaan saya tidak akan membuat customer/calon customer kecewa dengan mengurangi kualitas produk.


Biasanya setelah saya memberikan penjelasan yang jujur dan tulus, customer/calon customer akan mengerti kondisi sebenarnya. Lebih baik jujur dan ditolak di depan dari pada berbohong dan membuat customer/calon customer kecewa di kemudian hari.


Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 28 "Naikkan Harga, Jangan Menurunkan Kualitas". Semoga bermanfaat bagi anda dalam meningkatkan penjualan anda.

No comments: