Thursday 19 March 2015

Rahasia Penjualan Part 15 "Diskusikan Kebutuhan Akan Pasakon Barang Di Musim Tertentu"

Rahasia Penjualan Part 15 "Diskusikan Kebutuhan Akan Pasokan Barang Di Musim Tertentu"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 15 "Diskusikan Kebutuhan Akan Pasakon Barang Di Musim Tertentu" adalah suatu teknik yang melibatkan customer/calon customer dalam perencenaan penyediaan barang untuk menyambut datangnya musim di mana pasar sedang ramai. Ini adalah bentuk komunikasi bersama antara customer/calon customer dengan kita sebagai sales untuk memaksimalkan potensi keuntungan pada saat kondisi pasar ramai.


Dalam bisnis, ada musim sepi dan ada musim ramai. Pada saat kondisi sepi, tentu tidak butuh persiapan dan perencanaan khusus. Namun saat kondisi pasar ramai, sangatlah dibutuhkan persiapan dan perencanaan khusus jauh sebelum datang musim ramai.

Perencanaan khusus untuk menyambut datangnya musim ramai biasanya 2 bulan sebelumnya sudah disiapkan. Banyak perencanaan yang harus disiapkan demi memaksimalkan potensi keuntungan pada saat kondisi pasar ramai.

Saat kondisi pasar ramai, tentunya semua customer/calon customer akan meminta prioritas pengiriman barang cepat dan tepat waktu. Namun ini bisa jadi kendala/masalah apabila tidak direncanakan dengan baik, dikarenakan armada pengiriman bisa saja tidak cukup untuk melayani kebutuhan customer/calon customer.

Ketersediaan barang juga akan menjadi suatu masalah besar apabila tidak direncanakan dengan baik. Kemungkinan besar barang yang tersedia tidak bisa mencukupi lonjakan kebutuhan customer/calon customer.

Nah itu beberapa kendala yang harus kita diskusikan dan cari jalan keluarnya.

Ini adalah cara saya berdasarkan pengalaman saya selama 10 tahun lebih di dunia penjualan untuk merencanakan penyediaan barang. Saya menggunakan data-data penjualan dan pengambilan barang customer/calon customer pada tahun sebelumnya. Setelah itu saya mulai melakukan perencanaan penyediaan barang 2 bulan sebelum datangnya musim ramai. Saya mendiskusikan dengan customer/calon customer untuk perencanaan penyediaan barang.

Saya menawarkan customer/calon customer saya untuk menyetok barang sedikit demi sedikit mulai 2 bulan sebelumnya. Ini bertujuan untuk mengatasi keterlambatan pengiriman barang dan kekosongan stok barang. Sebagai kompensasi dari penawaran saya, saya memberikan kelonggaran pembayaram mundur 7-10 hari dari tempo pembayaran yang seharusnya.

Puji Tuhan dengan penerapan perencanaan seperti itu, customer tidak dirugikan dan bisa memaksimalkan keuntungan pada saat musim ramai. Pihak perusahaan juga tidak terlalu berat dalam menalangi pembayaran yang mundur 7-10 hari. Pengiriman barang bisa lancar dan tepat waktu dan kelangkaan barang bisa teratasi.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 15 "Diskusikan Kebutuhan Akan Pasokan Barang Di Musim Tertentu". Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam memaksimalkan keuntungan pada saat musim ramai.

No comments: