Thursday 12 March 2015

Ilmu "Mencontek" Kehidupan

Ilmu "Mencontek" Kehidupan
@efendi_huang


Mencontek adalah suatu kegiatan meniru sesuatu yang sudah/dianggap telah berhasil. Boleh dibilang ilmu mencontek sudah dimiliki manusia sejak masih kecil. Tentu kita sebagai anak kecil suka meniru/mencontek apa pun yang dilakukan oleh orang dewasa.

Ketika memasuki masa sekolah, sebagian orang pun masih suka mencontek baik mencontek saat ujian harian maupun saat ujian nasional. Bahkan cara mencontek pun sangat kreatif dan variatif. Ada yang membuat contekan di telapak tangan, ada yang di paha, ada yang di meja dan cara kreatif lainnya. Sungguh luar biasa kemampuan mencontek seseorang. Selalu ada cara baru untuk mencontek.

Namun sungguh disayangkan, kemampuan mencontek yang luar biasa ini sering digunakan untuk hal-hal negatif yang tidak memberdayakan. Jadi ini merupakan pertanyaan besar dan sekaligus tantangan bagi kita semua. Bagaimanakah kita memanfaatkan kemampuan mencontek ini?


Salah satu cara memanfaatkan kemampuan mencontek ini adalah dengan cara berpikir terbalik. Mencontek lah hanya untuk hal-hal positif yang memberdayakan sebagai pengganti hal-hal negatif yang tidak bermanfaat. Contohnya, kita belajar mencontek kesuksesan bisnis orang lain. Tirulah apa saja yang membuat orang berhasil dalam bisnisnya. Dalam kehidupan sekolah, kita juga bisa meniru cara belajar anak yang berprestasi dan meniru kebiasaan-kebiasaan si anak berprestasi. Dalam kehidupan rumah tangga, kita bisa belajar mencontek kehidupan keluarga yang harmonis. Tirulah apa saja kegiatan yang membuat mereka harmonis. Dan masih banyak hal positif lagi yang dapat dicontek.

Demikianlah artikel ini. Semoga kita semua bisa memanfaatkan kemampuan ilmu mencontek kehidupan untuk masa depan yang lebih baik.

No comments: