Thursday 12 March 2015

Sentuh INI Niscaya Tiada Penolakan Lagi

Sentuh INI Niscaya Tiada Penolakan Lagi
@efendi_huang


Dalam berbisnis atau pun bernegosiasi apa pun jangan beradu kepintaran atau logika. Ingatlah bahwa pada dasarnya setiap orang punya ego yang cukup dan pada umumnya setiap orang berusaha mempertahankan egonya. Jadi hampir boleh dipastikan akan menemui banyak penolakan atau kegagalan dalam bisnis ataupun negosiasi jika bersikukuh beradu argumen/logika/kepintaran.

Ini berlaku juga dalam kehidupan sehari-hari baik kehidupan berumah tangga maupun dalam pertemenan. Ketika ingin memenangkan hati anggota keluarga atau pun teman, jangan pernah menunjukkan kepintaran dalam berargumen atau bermain logika.

Dalam dunia sales atau penjualan, jangan pernah juga ingin terlihat lebih pintar dari calon customer/customer bilamana ingin memenangkan hatinya.

Lalu harus bagaimana? Apa yang seharusnya dilakukan supaya tiada penolakan dan yang ada hanya persetujuan saja?


Tiada cara lain selain sentuh INI. Sentuhlah emosinya. Cari tahu terlebih dahulu apa/nilai apa yang paling penting bagi dia? Apa yang sangat berharga bagi kehidupannyq? Apakah uang? Apakah waktu bersama keluarga? Apakah kebahagiaan keluarga? Apa kesejahteraan keluarga? Apakah kebebasan finansial? Dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui apa/nilai apa yang terpenting bagi dia dan kehidupannya, fokuslah menggali lebih dalam pada hal itu. Berempati dan dengarlah dengan tulus apa saja nilainya itu. Bantulah mencari solusinya.

Perjelas emosinya akan nilai tersebut. Ajaklah mengeksplorasi lebih dalam tentang emosi dari nilai terpenting itu. Hadirkan gambaran atas nikmat dan sengsara akibat terwujudnya/tidak terwujudnya nilai terpenting itu.

Bilamana kita sudah melakukan prosedur  sentuh INI dengan baik niscaya tiada penolakan lagi.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan membawa manfaat besar dalam kehidupan kita semuanya.

No comments: