Tuesday 17 March 2015

Rahasia Penjualan Part 8 "Ketika Dia Minta Tolong, Hanya ada YA dan BISA"

Rahasia Penjualan Part 8 "Ketika Dia Minta Tolong, Hanya Ada YA Dan BISA"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 8 "Ketika Dia Minta Tolong, Hanya Ada YA Dan BISA" ini merupakan lanjutan dari serial artikel Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta". Bagi yang belum baca artikel Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta", silahkan baca dulu supaya memperoleh pemahaman yang menyeluruh dan komprehensif.


Ini adalah salah satu ujian kecil dari customer/calon customer untuk melihat keseriusan dan kepedulian seorang sales dalam memberikan pelayanan baik pelayanan umum maupun pelayanan khusus. Pada artikel sebelumnya, artikel Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta" telah dibahas bagaimana seorang sales memberikan pelayanan yang maksimal bagi customer/calon customer.

Terkadang dan seringkali terjadi sesuatu di luar dugaan. Walaupun pelayanan umum dan pelayanan khusus yang diberikan seorang sales sudah sangat baik dan maksimal, terkadang muncul tambahan kebutuhan mendadak dari customer/calon customer yang membutuhkan pelayanan super segera.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang sales bilamana menghadapi situasi dan kondisi yang membutuhkqn pelayanan super segera? Tentu kita semua tidak ingin mengecewakan customer/calon customer bukan?

Salah satu contoh kebutuhan mendadak dari customer/calon customer yang membutuhkan pelayanan yang super segera adalah ketika ada pembeli dan customer kehabisan persediaan barang yang ingin dibeli pembeli. Ini sering terjadi dan di luar dugaan. Saat kondisi ini terjadi, biasanya customer kita tidak ingin mengecewakan pembelinya. Customer kita akan mengusahakan mencari dan menyediakan segera barang yang dibutuhkan pembeli saat itu.

Saat itu, customer biasanya segera menghubungi sales/kita dan meminta tolong kepada kita untuk mengirimkan barang yang dibutuhkan pembelinya SAAT ITU JUGA. Nah, saat kita diminta tolong oleh customer kita untuk mengirimkan barang saat itu juga sebenarnya merupakan kesempatan emas bagi kita untuk memberikan pelayanan kepada dia. Oleh karena itu, setiap kali mendapat kesempatan emas seperti itu, selalu jawab dengan kata YA dan BISA.

Dengan YA dan BISA akan meningkatkan nilai pelayanan kita di mata customer/calon customer kita. Maka pada akhirnya akan meningkatkan penjualan kita.

Jawaban YA dan BISA saat customer kita minta tolong juga akan menyelamatkan omzet penjualan pada saat kondisi pasar sepi dan lesu. Biasanya customer akan mau membantu kita dengan melakukan order penjualan.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 8 "Ketika Dia Minta Tolong, Hanya Ada YA Dan BISA". Semoga bermanfaat.

Ingat selalu ada hukum timbal balik. Semakin sering kita menolong, maka semakin sering kita akan ditolong.

No comments: