Wednesday 18 March 2015

Rahasia Penjualan Part 14 "Minta Saran dan Pendapat Dia Atas Penciptaan Produk Baru"

Rahasia Penjualan Part 14 "Minta Saran dan Pendapat Dia Atas Penciptaan Produk Baru"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 14 "Minta Saran dan Pendapat Dia Atas Penciptaan Produk Baru" adalah suatu teknik untuk mengambil hati customer/calon customer dengan cara melibatkan customer/calon customer dalam proses penciptaan produk baru. Dengan adanya keterlibatan ide customer/calon customer dalam proses penciptaan produk baru akan menimbulkan rasa dihargai, rasa dianggap penting dan rasa ikut memiliki perusahaan.


Teknik ini sangat powerful dan berguna nanti pada saat produk baru tercipta. Dengan adanya keterlibatan customer/calon customer dalam memberikan ide saat proses penciptaan produk baru, akan memancing animo dan rasa ingin menjual lebih banyak produk yang tercipta di kemudian hari dari hasil ide customer/calon customer kita.

Dan tentunya ini sangat menguntungkan bukan bagi perusahaan? Hampir tidak ada biaya dalam mengajak customer/calon customer dalam berpartisipasi memberikan ide dalam proses penciptaan produk baru. Namun meskipun demikian perusahaan bisa memberikan penghargaan kepada customer/calon customer atas sumbangsih pemberian ide mereka.

Penghargaan itu bisa berupa uang, hadiah, bonus, tiket perjalanan umroh/haji, paket wisata keluarga, dan lain sebagainya. Tentunya dengan adanya penghargaan seperti itu, semangat customer/calon customer untuk menjual produk baru tersebut akan semakin menggebu-gebu.

Ingat salah satu meningkatkan omzet penjualan adalah dengan menambah varian produk baru. Varian produk bertambah, secara otomatis omzet penjualan akan ikut terdongkrak.

Lalu bagaimana mengajak customer/calon customer supaya mau berpartisipasi dalam pemberian ide atas penciptaan produk baru?  Ini adalah pertanyaan sederhana bukan? Namun memerlukan ketekunan berusaha demi tercapainya tujuan bukan?

Ini adalah contoh cara mengajak customer/calon customer berpartisipasi dalam memberikan ide untuk penciptaan produk baru berdasarkan pengalaman pribadi saya. Pertama-tama saya akan menanyakan pendapat customer/calon customer saya begini "bapak/ibu, menurut anda produk seperti apa yang paling dicari orang? Apakah sudah ada produk seperti itu? Apakah bapak/ibu tertarik menjual produk tersebut seandainya produk seperti ada? Bagaimana bila perusahaan mengajak bapak/ibu memberikan ide untuk menciptakan produk seperti itu? Dan pertanyaan lainnya. Silahkan kreasikan bentuk pertanyaan yang paling efektif menurut anda.

Setelah mengajukan beberapa pertanyaan seperti di atas, langkah kedua adalah mendengarkan setiap jawaban dan ide yang terlontar dari mulut customer/calon customer kita. Langkah ketiga adalah mengkoordinasi dan menjabarkan ide-ide customer/calon customer dengan ide perusahaan untuk menciptakan produk baru. Langkah keempat adalah mengimplentasikan ide-ide hasil koordinasi dan penjabaran antara perusahaan dan customer/calon customer menjadi tindakan nyata. Dan langkah terakhir adalah jangan lupa ucapkan terima kasih, dan kalau memungkinkan berikanlah penghargaan atas sumbangsih ide customer/calon customer.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 14 "Minta Saran dan Pendapat Dia Atas Penciptaan Produk Baru". Semoga berhasil menciptakan produk baru yang laris manis. Semoga dengan bertambahnya varian produk baru, bertambah pula peningkatan penjualan anda.



No comments: