Tuesday 24 March 2015

Rahasia Penjualan Part 25 "Selesaikan Masalah Dengan Prinsip Win-Win"

Rahasia Penjualan Part 25 "Selesaikan Masalah Dengan Prinsip Win-Win"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 25 "Selesaikan Masalah Dengan Prinsip Win-Win" adalah suatu teknik mengambil hati customer/calon customer dengan cara menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan prinsip menguntungkan satu sama lain. Dalam penyelesaian masalah, jangan merugikan customer/calom customer. Selesaikanlah dengan cara yang adil.


Masalah akan selalu ada dan ada. Entah kapan itu ada dan entah kapan masalah itu datang lagi. Begitu juga halnya dengan bisnis. Akan selalu ada masalah baik masalah kecil maupun masalah besar yang memerlukan penanganan khusus.

Masalah kecil itu seperti salah ukuran, salah jenis barang yang dikirim, produk yang cacat dan lain sebagainya. Sedangkan masalah besar yang memerlukan penanganan khusus adalah kualitas barang yang tidak sesuai dengan janji, jumlah barang yang dikirimntidak sesuai nota (jumlah barang kurang),  pelayanan yang buruk, customer merasa ditipu, dan lain sebagainya.

Saat terjadi masalah kecil, mungkin penyelesaiannya cukup melalui telepon. Namun saat timbul masalah besar, seorang sales wajib menemui langsung customer/calon customer untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Terkadang untuk masalah yang sangat berat dimana customer/calon customer merasa kecewa berat dan dirugikan secara materi, seorang owner juga perlu langsung menemui customer/calon customer tersebut untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi itu.

Selain partisipasi dalam penyelesaian masalah, prinsip penyelesaian masalah juga harus diperhatikan. Prinsip penyelesain masalah terbaik adalah prinsip win-win solution. Artinya dalam penyelesaian masalah harus menguntungkan kedua pihak baik pihak customer/calon customer dan pihak perusahaan. Senantiasa dalam proses penyelesaian masalah, utamakan customer/calon customer merasa win terlebih dahulu.

Jangan pernah membuat customer/calon customer merasa dirugikan dalam proses penyelesaian masalah. Customer/calon customer yang merasa dirugikan dalam penyelesaian masalah akan menjadi suatu nama buruk dan image yang jelek bagi perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi penjualan yang cenderung turun akibat hilangnya kepercayaan customer/calon customer. Sebaliknya customer/calon customer yang merasa untung/win dalam penyelesaian masalah akan menjadi nama baik dan image yang baik bagi perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi penjualan yang cenderung naik akibat dari bertambahnya kepercayaan dari customer/calon customer.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 25 "Selesaikan Masalah Dengan Prinsip Win-Win". Semoga bermanfaat bagi anda dalam meningkatkan penjualan anda.

No comments: