Tuesday 17 March 2015

Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta"

Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta" adalah suatu teknik yang berfokus pada pemberian pelayanan dalam rangka meningkatkan penjualan. Pelayanan/service adalah suatu hal yang tidak boleh tidak ada dalam bisnis apa pun. Pelayanan adalah hak bagi setiap customer/calon customer dan kewajiban bagi setiap orang yang bergerak di bidang penjualan.


Pelayanan adalah hal yang wajib diberikan oleh setiap orang di bagian penjualan secara maksimal kepada setiap customer/calon customernya. Pelayanan itu bisa berupa memberikan informasi harga dan promo yang sedang berlangsung. Pelayanan juga bisa berupa pengiriman barang tepat waktu. Pelayanan juga mencakup kesanggupan memenuhi kebutuhan pasakon barang. Dan masih banyak lagi contoh pelayanan yang harus selalu siap diberikan oleh tenaga penjualan.

Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta" adalah seorang sales wajib memberikan pelayanan kepada customer/calon customer tanpa harus diminta terlebih dahulu. Terlebih lagi jangan sampai diminta oleh customer/calon customer. Dan tidak hanya itu saja, seorang sales juga harus bisa memberikan pelayanan yang prima dimana tidak hanya sebatas pelayanan umum seperti memberikan informasi harga dan promo yang sedang berlangsung, menjamin ketepatan waktu pengiriman barang, menjamin terpenuhinya kebutuhan customer/calon customer akan pasokan barang. Namun seorang sales juga harus mampu memberikan pelayanan khusus di luar pelayanan umum yang sudah pasti dilakukan oleh pesaing-pesaingnya.

Apa sih pelayanan khusus yang bisa dilakukan oleh seorang sales dalam rangka meningkatkan penjualan? Memberikan pelayanan khusus itu tidak selalu harus mengeluarkan biaya besar bilamana kita tahu caranya. Cukup melakukan sedikit hal yang memberi nilai tinggi di mata customer/calon customer.

Ini adalah contoh pelayanan khusus yang saya berikan kepada customer/calon customer. Ini sudah saya lakukan selama 10 tahun lebih dan hasilnya sungguh luar biasa. Meski hanya suatu tindakan kecil, namun nilainya sangat tinggi dan berharga di mata customer/calon customer.

Yang saya lakukan hanya membantu customer/calon customer melayani pembeli-pembeli yang datang berbelanja. Saya membantu mengambilkan barang yang dibeli oleh pembeli. Saya membantu mencari barang yang ingin dibeli pembeli. Saya membungkus dan memasukkan barang-barang yang dibeli pembeli.

Ya, hanya sesederhana itu pelayanan khusus saya untuk customer saya. Namun customer saya sungguh merasa terbantu dan sangat berterima kasih.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 7 "Jangan Sampai Diminta". Semoga bermanfaat dan membuat anda semakin terasah dan sensitif terhadap kebutuhan customer akan pelayanan khusus yang bisa anda berikan demi meningkatkan penjualan. 

No comments: