Monday 23 March 2015

Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips"

Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips" adalah pengembagan dari Rahasia Penjualan Part 21 "Berbagi Pengetahuan Selain Bisnis" dan saling melengkapi satu sama lain. Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips" adalah teknik untuk mengambil hati customer/calon customer dengan menggunakan kompentensi yang dimiliki sales secara khusus untuk memberikan tips-tips yang berguna bagi customer/calon customer.


Berbeda dengan teknik dari Rahasia Penjualan Part 21 "Berbagi Pengetahuan Selain Bisnis", teknik pada Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips" lebih menitikberatkan pada kompentensi khusus atau ketrampilan tertentu. Jadi di dalam menggunakan teknik ini, pengetahuan umum saja tidak cukup. Butuh pengetahuan khusus atau skill yang terlatih.

Jadi apa saja skill terlatih yang dimiliki seorang sales yang bisa digunakan sebagai tips yang berguna bagi customer/calon customer kita ? Perlukah seorang sales belajar suatu keterampilan khusus yang terlatih ?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, saya akan gunakan contoh dari pengalaman pribadi saya dalam melakukan teknik dari Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips".

Menurut saya pribadi seorang sales wajib mempelajari suatu keterampilan khusus yang terlatih di luar kompetensi bisnis dan pemasaran. Pada dasarnya, saya pribadi sangat senang belajar sehingga saya mempunyai beberapa keterampilan khusus yang terlatih. Dengan demikian saya mempunyai beberapa tips yang bisa saya bagikan ke customer/calon customer saya.

Beberapa keterampilan khusus yang terlatih yang saya pelajari adalah ilmu hypnosis dan hypnotherapy, ilmu eft (emotional freedom technique), NLP (neuro linguistic programming), BacaKilat, DISC Profilling, dan Micro Expression.

Berikut ini adalah beberapa tips yang pernah saya berikan kepada customer/calon customer saya berdasarkan ilmu yang saya pelajari antara lain :

  • Tips Tidur Nyenyak Ala Hypno Sleep : Waktu itu ada seorang customer saya yang mengalami gangguan tidur. Sudah beberapa hari dia tidak bisa tidur nyenyak. Dan kualitas tidurnya sangat rendah. Terkadang dia hanya bisa tidur sekitar 3jam saya. Setelah saya berdikusi sama dia, saya menemukan bahwa penyebabnya adalah kebisingan di lingkungan sekitar rumahnya. Lalu saya ajarkan dia hypno sleep. Saya meminta dia melakukan ini "Tutup mata secara perlahan-lahan, tarik napas yang panjang lewat hidung, hembuskan perlahan-lahan lewat mulut. Lakukan sebanyak 3 kali. Kemudian katakan dalam hati secara berulang-ulang bahwa semakin bising semakin saya mengantuk. Semakin bising semakin saya mudah tertidur. Semakin bising semakin nyenyak tidur saya". Dan keesokkan harinya dia berterima kasih kepada saya karena tidurnya sangat nyenyak.
  • Tips Mengendalikan Emosi ala EFT : waktu itu ada seorang customer saya yang sedang mengalami masalah emosi. Dia sulit mengendalikan emosi marahnya karena baru saja tertipu. Saya hanya mengajarkan dia teknik EFT secara sederhana dalam membantu dia mengendalikan emosinya dan mengubah emosi negatif menjadi emosi positif. Soal teknis cara penggunaan EFT akan saya bahas pada kesempatan lain ya.
Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 23 "Bila Ada Tips". Semoga bermanfaat bagi anda dalam meningkatkan penjualan anda.

No comments: