Sunday 15 March 2015

Rahasia Penjualan Part 3 "Jangan Bicarakan Bisnis"

Rahasia Penjualan Part 3 "Jangan Bicarakan Bisnis"
@efendi_huang



Rahasia Penjualan Part 3 "Jangan Bicarakan Bisnis" ini adalah suatu cara menghasilkan penjualan yang agak kontroversial. Pasti kita semua akan berpikir bagaimana sih bisa terjadi penjualan kalo tidak membicarakan bisnis.


Rahasia Penjualan Part 3 "Jangan Bicarakan Bisnis" ini adalah suatu teknik hasil kreasi saya sendiri berdasarkan pengalaman saya di bidang penjualan selama 10 tahun lebih. Tingkat keberhasilan teknik ini cukup tinggi, sekitar 80% ke atas.

Ini adalah hasil dari pengamatan saya selama bertahun-tahun atas perbandingan cara kerja sales senior dengan sales pemula. Selama saya menunggu giliran saya, Saya selalu mengamati cara mereka berbicara dan apa yang dibicarakan.

Sales pemula cenderung melakukan direct selling dimana mereka biasanya langsung menawarkan produk/jasa mereka waktu giliran bicara mereka tiba. Mereka sangat fokus pada produk/jasa daripada customer/calon customer yang sedang mereka hadapi seolah-olah mereka tidak mau membuang-buang waktu.

Lain ceritanya dengan sales senior. Sales senior biasanya memulai pembicaraan seputar hal tentang customer/calon customer. Topik pembicaraannya bukan mengenai bisnis yang dijalaninya. Seringkali topik mengenai keluarga customer/calon customer. Terkadang juga topik mengenai isu hangat terkini seperti topik politik. Mungkin topik terkini bisa jadi seputar batu akik. Hampir 90% waktu mereka digunakan untuk membicarakan hal yang tidak ada hubungannya dengan bisnisnya. Baru di saat waktu akan berpamitan, mereka baru menyisipkan sedikit tentang produk/jasa mereka.

Perbedaan yang sangat mencolok bukan? Perbedaan hasilnya juga sangat mencolok dimana penjualan sales pemula tetap kecil namun penjualan sales senior sangat fantastis.

Berbekal pengamatan saya selama bertahun-tahun, saya pun meniru dan memodifikasi cara kerja sales senior dalam melakukan penjualan. Alhasil peningkatan penjualan saya pun tidak kalah dengan penjualan para senior saya di kantor saya.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 3 "Jangan Bicarakan Bisnis". Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda dalam meningkatkan penjualan.

No comments: