Wednesday 18 March 2015

Rahasia Penjualan Part 13 "Belajarlah Bahasa Dia"

Rahasia Penjualan Part 13 "Belajarlah Bahasa Dia"
@efendi_huang


Rahasia Penjualan Part 13 "Belajarlah Bahasa Dia" adalah suatu teknik untuk mengambil hati customer/calon customer dengan cara mempelajari bahasa dia dengan tujuan untuk semakin mengakrabkan diri dan menimbulkan kesan adanya kesamaan. Secara psikologis, manusia pada umumnya senang bergaul dan berkumpul dengan orang yang memiliki kesamaan termasuk salah satunya bahasa yang sama.


Dengan adanya kesamaan yang timbul sebagai akibat dari penggunaan bahasa yang sama, pikiran kritis orang akan lebih lengah. Dalam kondisi demikian, orang akan senantiasa lebih terbuka terhadap ide dan pemikiran lainnya. Dengan adanya keterbukaan pikiran, maka akan lebih mudah bagi seorang sales menawarkan produknya.

Memang tidak mudah mempelajari bahasa daerah orang lain. Butuh perjuangan lebih apalagi ada kendala faktor usia. Biasanya semakin berumur, semakin sulit dan lambat dalam mempelajari sesuatu termasuk mempelajari bahasa daerah.

Kabar baiknya kita tidak harus menguasai seluruh kosa kata yang ada di dalam bahasa daerah yang akan kita pelajari. Cukup pelajari saja apa yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dengan menguasai sebagian besar percakapan yang digunakan sehari-hari sudah cukup untuk mengakrabkan diri. Dengan percakapan sehari-hari, kita bisa membentuk komunikasi yang efektif.

Ini adalah salah satu contoh nyata dari pengalaman saya waktu mempelajari bahasa Aceh. Saya sering bertanya-tanya kepada customer saya yang asli orang aceh, tepatnya aceh besar. Nama tokonya adalah Kana Plastik di daerah Ciputat Jakarta Selatan. Saya mulai tanya arti dari nama tokonya Kana Plastik. Kana adalah bahasa aceh yang berarti sudah ada sejak dulu. Berarti Kana Plastik adalah Toko Plastik Yang Sudah Ada Sejak Dulu. Ada beberapa kosa kata yang masih saya ingat diantaranya adalah "i" itu air , "u" itu kelapa, dan "iu" itu air kelapa.

Belajarlah selalu apa pun bahasa daerah customer/calon customer supaya terjadi kesamaan. Gunakan kata-kata yang sopan atau kata yang menghormati dalam bahasa daerah. Contoh, gunakanlah kata "mang" untuk memanggil orang sunda yang lebih tua.

Demikianlah sharing tentang Rahasia Penjualan Part 13 "Belajarlah Bahasa Dia". Semoga bermanfaat bagi anda dalam meningkatkan penjualan anda.




No comments: