Saturday 14 March 2015

Rahasia Penjualan Part 1 "Buat Dia Bercerita"

Rahasia Penjualan Part 1 "Buat Dia Bercerita"
@efendi_huang



Rahasia Penjualan Part 1 "Buat Dia Bercerita" adalah suatu rahasia yang bukan rahasia lagi. Pada dasarnya setiap orang lebih senang bercerita daripada mendengar. Secara psikologis, ada satu keegoan dalam diri manusia untuk didengar daripada mendengar.

Dalam dunia penjualan ini juga berlaku. Para customer/calon customer lebih senang mengutarakan keinginannya daripada mendengar pemaparan produk/jasa dari penjual. Jarang sekali para customer/calon customer mau mendengar lebih banyak dari penjual. Mereka cenderung lebih senang berbicara/bercerita.


Ini adalah suatu kesempatan bagi seorang sales untuk mengambil hati customer/calon customernya. Pada dasarnya orang akan senang sekali ketika mereka bercerita lebih banyak daripada harus mendengar. Mereka cenderung lebih suka didengar daripada harus mendengar. Namun terkadang ada juga yang tidak suka mendengar dan bercerita.

Pada saat ketemu orang yang suka bercerita, ini bukanlah perkara sulit untuk membuat mereka bercerita. Namun bagaimana bila ketemu orang yang tidak mau mendengar dan tidak mau bercerita ? Ini adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi seorang penjual.

Berikut ini adalah salah satu tips yang sudah saya buktikan sendiri selama 10 tahun lebih dalam dunia penjualan. Tiada lain adalah dengan cara menggunakan pertanyaan yang memancing orang  ingin bercerita lebih dan lebih.

Pertanyaan yang memancing orang ingin bercerita lebih dan lebih adalah pertanyaan tentang kisah kesuksesan orang tersebut. Bentuk pertanyaannya adalah "Boleh bapak/ibu berbagi cerita tentang awal mula bapak/ibu merintis usaha ini? Apakah yang membuat bisnis bapak/ibu sukses dan bagaimana menjadikan bisnis semakin besar sampai sepertu sekarang ini?"

Pada saat orang bercerita tentang kesuksesannya, terbesit ada suatu rasa kebanggaan tersendiri dalam hati orang tersebut. Itu terlihat dari betapa bahagianya dia yang tercermin dalam senyum dan raut wajah yang merona.

Demikian sharing tentang Rahasia Penjualan Part 1 "Buat Dia Bercerita". Semoga bermanfaat dan menginspirasi dalam peningkatan penjualan anda.

No comments: